kaitan dapodik dengan sim guru pembelajar


Dapodik SIM Guru - Berikut Penjelasan singkat terkait dengan dapodik 2017d dengan sim pkb 2017. Inilah penjelasan langsung yang dibicarakan oleh Bapak Nazarudin GTK dan Dadan Dapodik yang membahas tentang keterkaitan Dapodik 2017d dengan SIM PKB 2017. 




Untuk Operator dan PTK jangan disepelekan mengenai Dapodik 2017d dengan SIM PKB. Adapun penjelasan dari Bapak. Nazarudin GTK dan Dadan Dapodik kami rangkum hanya point-point saja secara ringkas, antara lain yaitu :
1. Terkait guru sertifikasi pada semester ini mulai penerbitan SK dimulai awal bulan September, maka dari itu yang perlu dipersiapkan adalah : 
  • Entry pembelajaran di dapodik;
  • Sertifikat pendidik harus linier dengan mata pelajaran yang diampu.
2. Terkait UKG pada tahun 2015 kemarin, mata pelajarannya tidak sesuai dengan ijazah maka lebih baik mengulang kembali UKG-nya, karena nanti pada akhirnya akan berpengaruh kepada sertifikasinya;

3. Mulai bulan Agustus Info GTK tidak bisa dibuka lagi, dan untuk bisa melihat Info GTK guru harus masuk menjadi komunitas SIM PKB (dapat dilihat melalui akunnya);

4. Terkait Kepala Sekolah pada Info GTK, point jenis ptk harus jelas kepala sekolah, dan di Aplikasi Dapodik jenis ptk juga harus diisi kepala sekolah, dan tugas tambahan diisikan kepala sekolah, kalau dia guru jenis PTK harus guru tugas tambahan apakah sebagai kepala perpustakaan, kepala lab, atau lainnya;

5. Diawal bulan Agustus Aplikasi Dapodik sudah dirilis pihak kementrian, maka akhir pada bulan Agustus para operator sekolah harus sudah melakukan pengiriman data (sinkronisasi), karena bulan September akan terbit SKTP TPG Triwulan 3, asumsinya 1 tahun anggaran, SKTP akan terbit sebannyak 2x (SKTP Semester 1 untuk periode Januari-Juni/ Triwulan 1 dan 2, SKTP Semester 2 untuk periode bulan Juli-Desember/ Triwulan 3 dan 4), dan jika SKTP tidak terbit dalam setiap semesternya, maka pembayaran TPG akan dinyatakan hangus;

6. Akan ada Aplikasi baru “Kehadiran Guru” pada tiap harinya, dan operator sekolah harus login dan mengisi kehadiran guru, jika ada ijin dicentang, pengisiannya jangan sampai lewat bulan berjalan, jika absen tidak diisi maka TPG tidak akan terbit.

7. Aplikasi Dapodik 2017d akan ada penambahan fitur, yaitu “Jadwal Pelajaran”;

8. Di Tahun 2018 NIK di GTK akan di sinkronkan dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, jadi mohon diperiksa lagi data NIK untuk Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan.

9. Jika ada berkas inpassing yang tidak sah maka lebih baik kirim lagi semua berkas yang baru agar lebih mudah dalam hal validasinya.

10. Alamat Validasi Data SK Inpassing yang belum diakui oleh Info GTK adalah : http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/layanan/

11. Uang TPG akan ditransfer ke bank yang ditunjuk jika sudah berstatus SP2D, jika dalam kurun waktu 1 bulan belum keluar baru disampaikan ke dinas.

Demikianlah info kaitan dapodik dengan sim guru pembelajar dan point-point yang harus di perhatikan bersama (Kepala Sekolah, Guru, dan Operator Sekolah) dalam Aplikasi Dapodik 2017d dengan SIM PKB/GPO, semoga bermanfaat.

Related Posts:

link sponsor