(Download) panduan teknis aplikasi dapodik versi 2017c.pdf

Dapodik - Sistem pendataan Dapodik pada tahun 2017 telah memasuki tahap peningkatan kualitas sistem pendataan untuk kebutuhan pemanfaatan program pembangunan pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mendukung kebutuhan tersebut, pemutakhiran Aplikasi Dapodik yang kantinyu serta verifikasi dan validasi data diperlukan dalam tahapan ini guna memenuhi kebutuhan data yang benar, lengkap, mutakhir, dan akurat dalam perencanaan program pembangunan pendidikan.





Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2017.c berfokus pada pendataan hasil evaluasi pendidikan dalam bentuk nialai akhir dari peserta didik. Melengkapi pembaruan versi sebelumnya, pada versi 2017.c semua satuan pendidikan dapat menggunakan menu nilai (SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB). Terdapat pula beberapa perbaikan dalam rangka menyempurnakan menu nilai untuk digunakan di satuan pendidikan.

1) Target Pendataan Nilai Tahun 2017 
Pendataan nilai peserta didik ditujukan bagi satuan pendidikan dibawah DITJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD yaitu satuan pendidikan pada jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Pada periode pendataan tahun 2017 target pendataan nilai US/USBN adalah data nilai US/USBN semester genap tahun ajaran 2016/2017.

Pendataan nilai Rapor memiliki target yang cukup banyak yaitu terkumpulnya data nilai Rapor semua tingkat kelas pada semester :

2) Peran Pengguna 
Kewenangan input data nilai diberikan kepada guru dan wali kelas. Operator sekolah bertugas sebagai administrator dimana dapat mengakses pengaturan mata evaluasi serta pengaturan akun agar guru dan wali kelas dapat login ke aplikasi dapodik.

3) Prosedur Input Data 
Dalam rangka menjaring data nilai yang memiliki kualitas baik maka disusun prosedur penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2017.c. Prosedur ini diharapkan diikuti oleh sekolah dalam pelaksanaan pendataan nilai peserta didik. kegiatan yang dilakukan meliputi proses persiapan dan proses input nilai.

4) Tampilan dan Pengenalan Menu 
Berikut adalah tampilan dari menu nilai Rapor dan nilai US/USBN pada Aplikasi Dapodik versi 2017.c

5) Kuncian Data 
Data nilai merupakan data yang penting karena merepresentasikan hasil evaluasi belajar peserta didik. Diharapkan data yang dihasilkan adalah data yang konsisten dan tidak berubah-ubah. oleh karena itu dikembangkan fitur untuk mengunci data nilai.

Data nilai yang telah dikunci tidak dapat diperbaharui kembali. Apabila ada usaha untuk merubah data nilai yang telah dikunci maka akan ada tindakan pencegahan dari sistem aplikasi dapodik. catatan: data yang dikirim dari e-rapor SMA otomatis kan terkunci pada Aplikasi Dapodik. 

6) Pengiriman Data Nilai 
Dengan adanya fitur input nilai Rapor dan nilai US/USBN maka data proses pengiriman data pada waktu sinkronisasi akan bertambah besar. Oleh karenanya untuk memperlancar proses sinkronisasi khususnya sinkronisasi nilai disarankan untuk melakukan sinkronisasi secara bertahap dan tidak harus menunggu sampai dengan input nilai selesai seluruhnya. Prioritaskan input nilai US/USBN dan nilai rapor semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.

Selanjutnya Baca Persiapan Data 

Related Posts:

link sponsor