Mendikbud : Penyebab macetnya pencairan TPG sangat beragam, diantaranya ...

info guru - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), telah mengoperasikan ULT (Unit Layanan Terpadu), Berdasarkan evaluasi operasional ULT, urusan Tunjangan Profesi Guru (TPG) menjadi pengaduan yang cukup dominan. Setelah dicek, penyebabnya ada di daerah masing-masing.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, mengatakan "Urusan sertifikasi dan pencairan tunjangan profesi guru (TPG) menjadi cukup banyak juga, pemicu macetnya pencairan TPG sangat beragam" katanya seperti dilansir JPNN (2/2). 

Diantaranya adalah pemda selaku instansi pembina kepegawaian para guru-guru PNS, tidak updating data. Contohnya ketika ada proses mutasi guru dari sekolah A ke sekolah B, dinas pendidikan kabupaten/kota tidak segera melaporkan mutasi itu ke Kemendikbud.

JPNN mengabarkan, salah satu syarat pencairan TPG, menurut Mendikbud adalah kecocokan data penempatan guru. Pencairan TPG akan berhenti ketika data di Kemendikbud masih belum diperbaiki. Untuk itu sebelum datang jauh-jauh ke Jakarta untuk mengurus TPG, para guru diminta untuk klarifikasi ke dinas pendidikan setempat.

Demikian informasi mengenai Penyebab macetnya pencairan TPG sertifikasi guru

Related Posts:

Juknis BOS (SD dan SMP)

info guru - Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mengeluarkan Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggung Jawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah untuk Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (Juknis BOS untuk SD dan SMP).


Apa yang baru pada Buku Juknis BOS 2016?
Selain cover yang berwarna biru, di halaman setelah cover buku Juknis BOS 2016 untuk SD dan SMP ditampilkan mengenai Penumbuhan Budi Pekerti : Alur Pembudayaan dan Kegiatan Sehari-hari di Sekolah. Seperti nampak pada gambar di bawah ini :

Mengutip Juknis BOS 2016 untuk SD dan SMP, Pelaporan dilakukan secara berjenjang, mulai dari laporan tingkat satuan pendidikan, laporan kabupaten/kota, laporan propinsi dan laporan pusat.

Pelaporan sebagaimana dimaksud meliputi:
a. rencana kegiatan dan anggaran sekolah;
b. pembukuan;
c. realisasi penggunaan dana;
d. rekapitulasi penggunaan dana BOS; dan

e. penanganan pengaduan masyarakat.

[untuk melihat Juknis BOS 2017 silahkan klik disini]

Penggunaan dan pertanggungjawaban keuangan dana BOS dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis sebagaimana tercantum dalam Lampiran I, Lampiran II, dan Lampiran III

Selengkapnya, silahkan download Buku Juknis BOS 2016 (SD dan SMP) melalui alamat tautan di bawah ini :
cover Juknis BOS 2016
Update:

Permendikbud Nomor 16 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 80 Tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS Tahun 2016

Sedangkan untuk Juknis Bos Madrasah, tahun 2016 silahkan download disini

Demikian Buku Juknis BOS 2016 (SD dan SMP).pdf

Related Posts:

Guru Pembelajar 2016

Program Guru Pembelajar adalah salah satu upaya dalam peningkatan kapasitas guru honorer melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) yang ditujukan untuk para guru non Pegawai Negeri Sipil (Non PNS).

[lihat juga Cara Mendapatkan Akun Guru Pembelajar]

Kemendikbud, melalui situs resminya, mengabarkan bahwa Anggaran untuk pelatihan tahun ini ditingkatkan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, mengungkapkan bukan saatnya lagi membedakan mana guru pemerintah, dan yang bukan. Semua harus kita dorong, karena semua guru mencerdaskan kehidupan bangsa.

"√úntuk Guru Pembelajar tahun 2016, menjangkau 451 ribu guru dengan anggaran Rp. 865 milyar, ditingkatkan dari tahun 2015,  yang anggarannya Rp. 262 milyar untuk 131.000 guru. Upaya inilah yang menjadi wilayah tugas dan kewenangan Kemendikbud" katanya.

Demikian informasi program Guru Pembelajar 2016

Related Posts:

link sponsor